Inilah Bentuk Bukti Transaksi Keuangan dalam Perusahaan Dagang

Blog akuntansidagang.blogspot.co.id pada saat ini akan membahas mengenai beberapa bentuk  bukti transaksi Keuangan dalam perusahaan dagang. Pembahasan ini dapat anda pahami dengan tepat dan benar apabila anda telah mengenal berbagai jenis transaksi yang sering terjadi dalam perusahaan dagang, Apabila saudara masih belum mengenal jenis-jenis transaksi tersebut maka sebaiknya anda memahami dulu artikel jenis-jenis transaksi yang terjadi pada perusahaan dagang. Jika anda sudah membaca artikel itu maka silahkan simak artikel mengenai berbagai bentuk bukti transaksi keuangan dibawah ini :

Pengertian Bukti Transaksi Keuangan dalam Bisnis

Sebenarnya apakah pengertian Bukti transaski Keuangan? Apabila saudara bertanya-tanya mengenai  definisi dari bukti transaksi keuangan, maka saya jelaskan dengan singkat tentang bukti transaksi keuangan.

Bukti transaksi keuangan dalam dunia bsnis diartikan sebagai bukti yang menjelaskan mengenai kejadian atau peristiwa yang dapat membuat kekayaan perusahaan bertambah ataupun berkurang serta dapat dilakukan pengukuran dengan satuan uang.

Kejadian atau peristiwa dimaksudkan dalam pengertian bukti transaksi tersebut terdiri dari kejadian intern ataupun kejadian ekstern.

Pengertian Kejadian Intern yaitu suatu kejadian yang melibatkan pihak-pihak dalam perusahaan saja, misalnya kejadian adanya penyusutan terhadap aktiva tetap, seperti penyusutan peralatan, Bukti transaksi yang dipakai untuk menerangkan terjadinya penyusutan berbentuk “memo”, sedangkan pengertian kejadian ekstern yaitu kejadian yang melibatkan pihak dalam perusahaan dan pihak luar perusahaan, misalnya kejadian penjualan barang dagang kepada pelanggan secara tunai,  bukti transaksi penjualan barang dagang secara tunai berbentuk “nota”

6 Macam bentuk Bukti Transaksi Keungan yang utama

Dalam Kehidupan sehari-hari terlebih lagi dalam dunia usaha, pasti  sering dijumpai berbagai jenis transaksi keuangan. Ketika anda melakukan transaksi keuangan pastikan anda menerima bukti transaksi keuanganya apalagi jika anda seorang pengusaha, karyawan, atau pelaku kegiatan usaha lainnya.



Dari beberapa transaksi keuangan yang telah dilakukan maka muncullah Bukti transaksi Keungan sebagai akibat terjadinya transaksi. Karena transaksi Keuangan terdapat beberapa jenis mulai dari transaksi penjualan, pembelian dan sebagainya maka terdapat beberapa bentuk bukti transaksi sesuai dengan jenis transaksinya. Nah selengkapnya mengenai beberapa bentuk bukti transaksi dapat disimak dibawah ini:

Bentuk Nota atau notes

Pengertian dan bentuk Nota sebagai bukti transaksi

Nota ada juga yang menyebutnya sebagai  “nota kontan”  adalah bentuk Bukti transaksi yang muncul karena adanya transaksi pembelian atau transaksi penjualan barang yang dilakukan secara kontan atau tunai. Contoh Nota yang mungkin sering anda jumpai adalah nota ketika anda telah memfoto kopi dokumen di tempat foto copy dimana dalam nota tersebut menjelaskan harga foto kopi dokumen beserta jumlah dokumen yang difoto copi

Faktur atau invoices

Faktur  atau dikenal dengan invoices merupakan bukti transaksi timbul karena telah dilakukannya transaksi penjualan atau pembelian barang yang dilakukan dengan cara kredit. Faktur atau invoices dalam dunia usaha dibuat tiga rangkap, Hal ini karena setiap faktur akan diberikan kepada tiga pihak, pihak 1 adalah bagian gudang penjual, pihak 2 adalah bagian keuangan penjual, dan pihak 3 adalah pembeli.

Bentuk Bukti  Kuitansi /  Receipts

Kuitansi pastinya bukan sebuah bukti transaksi yang langka bagi sebagian oran, karena kuitansi seringkali dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kuitansi adalah Bentuk bukti transaksi muncul karena terjadinya transaksi penerimaan uang dari pembayaran sesuatu. Pihak yang membuat Kuitansi adalah penerima uang. Kuitansi berbentuk lembaran kertas yang umumnya telah dijilib atau dibukukan, dalam kuitansi terdapat 2  bagian, bagian yang pertama (sebelah kanan) adalah bagian untuk orang yang membanyar, sedangkan bagian yang kedua (sebelah kiri) adalah bagian untuk pihak yang menerima uang pembayaran

Bentuk Memo internal / internal memos

Memo internal yang disingkat dengan "memo" adalah bentuk bukti transaksi yang timbul karena adanya transaksi intern antar pihak-pihak internal perusahaan. Contoh transaksi intern antara lain penyusutan aktiva tetap , pemakaian perlengkapan, penghapusan piutang

Bentuk Nota debit

Nota debit adalah bentuk bukti transaksi keuangan yang timbul karena terjadinya transaksi (retur pembelian atau pengembalian barang yang sudah dibeli. Nota debit dibuat oleh pihak pembeli

Bukti Nota kredit

Nota kredit adalah bentuk bukti transaksi timbul akibat adanya transaksi retur penjualan atau pengembalian barang yang telah dijual. Nota kredit oleh pihak penjual.

Demikianlah pembahasan tentang bentuk Bukti Transaksi Keuangan perusahaan dagang yang sering dijumpai dalam dunia usaha. Setelah artikel ini dapat anda pahami dengan baik maka silahkan baca artikel selanjutnya tentang Cara analisa debit dan kredit dalam Bukti transaksi Keunagan. Mudah-mudahan setelah membaca artikel yang singkat ini anda dapat semakin mengenal bentuk bukti transaksi keuangan perusahaan dagang.

0 komentar:

Post a Comment