Inilah Transaksi Keuangan Utama Perusahaan Dagang

Setelah sebelumnya anda dijelaskan tentang karakteristik perusahaan dagang dalam blog ini. Maka sekarang anda akan dijelaskan tentang berbagai jenis transaksi keuangan utama perusahaan dagang. Dalam menjalankan operasional usahanya maka suatu perusahaan akan melakukan berbagai jenis transaksi keuangan, termasuk juga dengan perusahaan dagang. Sebenarnya transaksi apa saja yang utama dalam perusahaan dagang? Inilah yang akan dibahas dengan tepat di artikel ini, selengkapnya silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Macam-macam Transaksi Keuangan dalam perusahaan dagang

Perusahaan dagang memiliki sembilan transaksi keuangan yang sering terjadi berulang-ulang dari periode satu keperiode lainnya. Kesembilan transaksi keuangan inilah yang menjadi transaksi keuangan yang utama dalam suatu perusahaan dagang ketika beroperasi. Adapun Kesembilan transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

Inilah 9 Jenis Transaksi keuangan Utama Perusahaan dagang



  1. Transaksi Keuangan Penjualan barang dagang kredit
  2. Transaksi Keuangan Penjualan barang dagang tunai
  3. Transaksi retur penjualan dan pengurangan harga
  4. Transaksi Potongan Penjualan
  5. Transaksi Keuangan pembeliang barang dagang kredit
  6. Transaksi Keuangan pembelian barang dagang tunai
  7. Transaksi terjadinya retur pembelian dan pengurangan harga
  8. Transaksi Potongan pembelian
  9. Transaksi Keuangan pembayaran beban angkut Pembelian

9 Jenis transaksi di atas merupakan transaksi keuangan pokok yang selalu terjadi dalam perusahaan dagang.  Dari adanya transaksi diatas maka munculah akun atau rekening yang terdapat dalam akuntansi perusahaan dagang, selengkapnya tentang jenis akun dalam perusahaan dagang antara lain sebagai berikut:

Nama-nama Akun atau rekening utama yang ada pada perusahaan dagang

  1. Akun Penjualan, adalah akun yang berfungsi untuk mencatat segala transaksi penjualan barang dagang baik tunai maupun kredit
  2. Akun Retur penjualan dan pengurangan harga, adalah akun yang berfungsi untuk mencatat segala transaksi pengembalian barang-barang yang sudah laku terjual. Retur penjualan dapat terjadi apabila terdapat barang yang cacat atau barang tidak sesuai pesanan. 
  3. Akun Potongan Penjualan, adalah akun yang berfungsi untuk mencatat segala transaksi-transaksi potongan pejualan.
  4. Akun Pembelian, adalah  akun yang berfungsi untuk menampung saldo seluruh transaksi pembelian barang dagang, baik kredit maupun tunai.
  5. Akun Retur pembelian dan pengurangan harga, adalah akun yang berfungsi untuk menampung saldo akibat adanya transaksi retur pembelian disertai adanya pengurangan harga. Terjadinya retur pembelian diakibatkan oleh adanya barang rusak maupun barang tak sesuai dengan pesanan.
  6. Akun Potongan Pembelian, adalah akun yang berfungsi untuk menampung saldo dari adanya transaksi potongan pembelian.
  7. Akun Beban angkut Pembelian, adalah akun yang berfungsi untuk mencatat besarnya biaya yang dipakai dalam transaksi pembayaran beban angkut pembelian barang.
Demikianlah Pembahasan tentang jenis-jenis transaksi keuangan yang digunakan dalam operasional perusahaan dagang. Setelah membaca artikel ini, silahkan baca pula artikel tentang macam-macam bukti transaski keuangan perusahaan dagang. Semoga dengan membaca artikel ini anda semakin mengerti tentang macam-macam transaksi yang terdapat pada perusahaan dagang sekaligus akun atau rekening yang dipakai dalam perusahaan dagang.

0 komentar:

Post a Comment