Inilah Karakteristik Perusahaan dagang dalam Bisnis

Selamat datang di blog akuntansidagang.blogspot.com.., dalam artikel yang pertama di blog ini akan membahas tentang karakteristik perusahaan dagang. Bagi anda yang baru mempelajari akuntansi perusahaan dagang tentunya belum tahu dengan tepat apa sebenarnya pengertian perusahaan dagang itu? Tentunya dalam hal ini pengertian yang sesuai dengan ilmu akuntansi.

Dengan mengerti dengan benar tentang perusahaan dagang maka anda dapat menguasai akuntansi perusahaan dagang dengan tepat pula. Nah untuk mengawali pembahasan akuntansi perusahaan dagang dalam blog ini, maka anda sebaiknya memahami benar pengertian perusahaan dagang maupun karakteristik perusahaan dagang dalam bisnis, untuk selengkapnya silahkan pahami penjelasan berikut ini.

Pengertian Perusahaan Dagang dalam Bisnis

pedagang cabai : contoh perusahaan dagang

Dalam dunia bisnis kita akan diperkenalkan dengan berbagai bidang perusahaan, salah satunya yaitu  perusahaan dagang. Perusahaan dagang menurut ilmu ekonomi diartikan sebagai perusahaan yang memiliki kegiatan utama untuk melakukan pembelian barang dagang dari pemasok, setelah dibeli maka kegiatan berikutnya adalah melakukan penyimpanan barang dagang yang dibeli dan kegiatan terakhirnya yaitu melakukan penjualan barang dagang yang telah dibelinya dari pemasok kepada para konsumennya tanpa adanya proses pengolahan.



Dengan demikian perusahaan dagang hanya melakukan pembelian barang dagang kemudian penyimpanan setelah itu dijual kembali barang dagang yang telah dibeli dengan tidak melakukan pengolahan apapun terhadap barang yang dijualnya itu. Sebagai contoh perusahaan dagang yang terdapat dalam realita kehidupan sehari-hari antara lain berbagai grosir, berbagai agen, importir maupun eksportir, toko-toko baik toko besar maupun toko menengah ataupun toko kecil, pedagang kaki lima sebagainya.

Karakteristik Perusahaan dagang yang utama

Untuk dapat mengenali dan memahami perusahaan dagang dengan baik, maka dirasa perlu juga untuk mengenali ciri-ciri atau karakteristik dari perusahaan dagang. Nah untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan karakteristik perusahaan dagang dibawah ini:
  1. Ciri utama perusahaan dagang yang pertama adalah bahwa Perusahaan dagang dalam bisnis kegiatannya memperjualbelikan suatu barang dagang tanpa melakukan pengolahan.
  2. Ciri utama perusahaan dagang yang kedua yaitu memiliki akun persediaan barang dagang yang terdiri dari akun persediaan barang dagang awal dan akun persediaan barang dagang akhir.
  3. Dalam perusahaan dagang akan dijumpai proses perhitungan harga pokok penjualan (HPP)Ketika akan membuat laporan laba-rugi.
Dari Tiga karakteristik perusahaan dagang di atas maka diharapkan dapat memberi anda kemudahan dalam mengenali perusahaan dagang dan akuntansi perusahaan dagang secara umum. Setelah memahami penjelasan di atas maka disarankan kepada anda untuk membaca artikel kedua diblog ini yang masih terkait dengan artikel ini yaitu tentang berbagai jenis transaksi dalam perusahaan dagang yang sering terjadi.

Demikianlah penjelasan yang dapat disajikan pada kesempatan ini tentang karakteristik perusahaan dagang. Semoga setelah membaca artikel singkat dalam akuntansidagang.blogspot.com ini anda lebih mengetahui pengertian perusahaan dagang yang tepat serta anda juga diharapkan dapat mengetahui 3 karakteristik utama perusahaan dagang.

0 komentar:

Post a Comment