Pembuatan Laporan Keuangan Perusahaan Dagang dengan Tabel Persamaan Akuntansi

Dalam pemabahsan blog akuntansidagang.blogspot.com sebelumnya telah dibahas tuntas cara membuat tabel persamaan akuntansi usaha dagang lengkap dengan analisisnya, nah sekarang akan dijelaskan cara membuat laporang keuangan perusahaan dagang dari tabel persamaan akuntansi

Dalam pembahasan artikel ini kita akan langsung pada poin pembahasan yaitu bagaimana cara membuat laporang keuangan perusahaan dagang melalui tabel persamaan akuntansi, sehingga dibawah ini akan langsung diberi sebuah tabel persamaan akuntansi dari perusahaan dagang selanjutnya akan langsung dijelaskan cara membuat laporan laba-rugi perusahaan dagang, cara membuat laporan perubahan modal perusahaan dagang dan laporan neraca perusahaan dagang. Selengkapnya adalah sebagai berikut :

Untuk memulai pembahasan ini silahkan anda amati baik-baik tabel persamaan akuntansi berikut ini:

tabel persaman akuntansi perusahaan dagang

Berdasarkan tabel persamaan akuntansi di atas kita dapat membuat laporan keuangan perusahaan dagang dengan tepat, baik laporan laba-rugi, laporan perubahan modal maupun neraca dalam periode tersebut. Pembuatan laporan keuangan dari tabel persamaan akuntansi sangatlah mudah, karena kita hanya perlu mengutip bagian dari tabel tersebut menjadi laporan keuangan, selengkapnya silahkan pahami langkah pembuatan laporan keuangan berikut ini:

Penyusunan Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Pembuatan Laporan Laba Rugi perusahaan dagang dari tabel persamaan akuntansi



Untuk dapat membuat laporan laba-rugi perusahaan dagang berdasarkan tabel persamaan akuntansi atau disebut juga daftar persamaan akuntansi, maka yang pertama harus kita ketahui adalah format dari laporan laba-rugi perusahaan dagang itu sendiri. Format laporan laba-rugi perusahaan dagang secara garis besar terdiri dari elemen penjualan, Harga Pokok Penjualan, dan Beban-beban. Berdasarkan ketiga elemen tersebut maka kita dapat mengetahui besarnya laba yang diperoleh atau rugi yang dialami perusahaan dalam periode berjalan. Setelah mengetahui format dari laporan laba-rugi perusahaan dagang maka selanjutnya kita tinggal mengutip saja semua saldo penjualan, saldo harga pokok penjualan (dan unsur-unsurnya : persediaan awal, pembelian dan persediaan akhir) dan seluruh saldo beban-beban yang terjadi dalam periode tersebut. Selengkapnya silahkan lihat laporan laba-rugi dibawah ini yang disusun berdasarkan tabel persamaan dasar akuntansi di atas.

Laporan laba-rugi perusahaan dagang

Penyusunan Laporan perubahan modal perusahaan dagang dari tabel persamaan akuntansi

Untuk dapat membuat laporan perubahan modal perusahaan dagang berdasarkan tabel persamaan akuntansi, maka kita harus mengerti format dari laporan perubahan modal, Format tersebut memuat segala unsur-unsur yang dapat mempengaruhi bertambah atau berkurangnya modal perusahaan secara langsung, yaitu unsur Modal Awal, Laba bersih atau rugi yang dialami, prive (Jika ada). Setelah kita mengetahui format dari laporan perubahan modal maka selanjutnya kita hanya perlu mengutif saldo-saldo dari unsur-unsur yang mempengaruhi modal tersebut dari tabel persamaan akuntansi perusahaan dagang, selengkapnya silahkan lihat laporan perubahan modal berikut ini

laporan perubahan modal perusahaan dagang

Cara Membuat Neraca perusahaan dagang dari tabel persamaan akuntansi

Untuk dapat membuat neraca perusahaan dagang dari tabel persamaan dasar akuntansi maka yang pertama kita harus mengetahui format dari neraca, format neraca yaitu terdiri dari semua unsur-unsur Harta, Utang dan Modal akhir, antar Total saldo Harta akan balance dengan saldo total dari Hutang ditambah Modal Akhir. Setelah mengetahui format neraca secara umum maka kita hanya perlu mengutip seluruh total saldo dari masing-masing harta, hutang dan modal yang ada dalam tabel persamaan akuntansi, selengkapnya neraca yang disusun dari tabel di atas adalah sebaga berikut:

contoh Neraca perusahaan dagang

Kesimpulan
Laporan keuangan perusahaan dagang dapat dibuat dengan berdasarkan tabel persamaaan akuntansi. Proses penyusunan laporan keuangan perusahaandagang berdasarkan tabel persamaan akuntansi akan mudah dilakukan oleh pemula sekalipun hal ini karena hanya perlu mengutip atau menyalin beberapa data dalam tabel tersebut. Bentuk Laporan keuangan yang dapat dibuat yaitu laporan laba-rugi perusahaan dagang, laporan perubahan modal perusahaan dagang dan neraca perusahaan dagang. Selanjutnya disarankan kepada anda untuk memahami arti syarat pembayaran dalam sebuah transaksi. Semoga anda sekarang dapat membuat laporan keuangan perusahaan dagang berdasarkan tabel persamaan akuntansi.

0 komentar:

Post a Comment