Jenis Syarat pembayaran dalam jual beli Barang

Transaksi jual beli barang dapat dilakukan dengan sisitem tunai atau sistem kredit, ketika memperjual belikan dengan sistem kredit maka biasanya terdapat syarat pembayaran yang ditetapkan pedagang. Apakah syarat pembayaran itu? Syarat pembayaran merupakan sebuah kebijakan yang diberikan oleh pedagang terhadap suatu barang yang dijualnya, kebijakan tersebut berbentuk waktu atau jatuh tempo untuk pelunasan barang yang dibeli oleh pelanggan, dalam syarat pembayaran biasanya juga diberikan diskon dengan syarat dan ketentuan tertentu. Lebih lengkap tentang syarat pembayaran dalam jual beli barang, silakan pahami uraian berikut ini:

Contoh syarat pembayaran dan maksudnya

Syarat pembayaran yang dikenal juga dengan istilah termin penjualan, hanya muncul pada transaksi jual beli barang dengan sistem kredit, sedangkan dalam jual beli barang secara tunai tidak ada syarat pembayaran. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya syarat pembayaran diberikan oleh pedagang agar pembeli dapat mambayar atau melunasi barang yang dibelinya sesuai waktu yang ditentukan pedagang, jadi jelaslah jika penjualan dilakukan secara tunai maka tidak ada syarat pembayaran. Melalui syarat pembayaran atau termin pembayaran maka pembeli dapat memperoleh 2 informasi, informasi pertama adalah waktu atau tanggal maksimal pembeli harus melakukan pembayaran terhadap barang yang dibelinya sedangkan informasi yang kedua adalah informasi besarnya potongan harga (jika ada) yang diberikan pedagang kepada pembeli atas pembelian barang yang dibelinya. Berikut ini akan diberikan contoh dari syarat pembayaran atau termin pembayaran yang biasa diberlakukan dalam bisnis, silahkan simak dibawah ini.

Contoh Syarat Pembayaran dalam perdagangan



Syarat pembayaran 6/10, n/60, ada dua buah informasi yang terkandung dalam syarat ini yang pertama Apabila pembeli melakukan pelunasan atas pembelian barang yang dilakukan secara kredit dalam kurun waktu 10 hari sejak tanggal transaksi maka pembeli akan mendapat potongan harga 6%, informasi yang kedua pembeli diberikan waktu selambat-lambatnya untuk melakukan pelunasan sampai dengan 60 hari yang dihitung sejak tanggal transaksi.

Syarat pembayaran 3/10, n/30, ada dua buah informasi yang terkandung dalam syarat ini yang pertama Apabila pembeli melakukan pelunasan atas pembelian barang yang dilakukan secara kredit dalam kurun waktu 10 hari sejak tanggal transaksi maka pembeli akan mendapat potongan harga 3%, informasi yang kedua pembeli diberikan waktu selambat-lambatnya untuk melakukan pelunasan sampai dengan 30 hari yang dihitung sejak tanggal transaksi.

Syarat pembayaran n/30, dibaca bahwa pembeli harus melakukan pelunasan atas pembelian barang yang telah dilakukan paling lambat 30 hari, yang dihitung setelah tanggal transaksi pembelian barang tersebut dilakukan.

Syarat pembayaran E O M yang merupakan kepanjangan dari End Of Month, dibaca bahwa Pembeli harus membayar barang yang telah dibelinya pada akhir bulan, akhir bulan yang dimaksud disini adalah akhir bulan, pada bulan terjadinya transaksi pembelian atau penjualan barang tersebut.

Dari beberapa contoh syarat pembayaran diatas dan cara membacanya, penulis berharap anda sekarang dapat mengenal dan memahami syarat pembayaran dengan tepat sehingga saat terjadi transaksi penjualan barang atau transaksi pembelian barang yang terdapat syarat pembayarannya anda dapat mencatatnya ke dalam jurnal khusus dengan benar

Kesimpulan
Syarat pembayaran dapat diartikan secara sederhana sebagai suatu strategi atau cara yang dilakukan penjual atau pedagang yang menjual barang secara kredit untuk membujuk konsumen agar dapat melunasi pembayaran barang yang telah dibelinya sesuai dengan jangka waktu yang diinginkan penjual. Dalam syarat pembayaran terdapat dua informasi penting yang harus dipahami pembeli yaitu informasi untuk pelunasan dan yang kedua informasi potongan harga yang diberlakukan pedagang terhadap barang yang dibeli oleh konsumen. Setelah memahami artikel ini, selanjutnya cobalah anda pahami artikel tentang syarat penyerahan barang dalam bisnis. Semoga blog ini dapat mengantarkan anda dalam belajar akuntansi dagang dengan benar dan mudah, khususnya materi syarat pembayaran dalam perdagangan yang telah anda baca.

0 komentar:

Post a Comment