Jurnal Khusus pada Akuntansi Perusahaan Dagang

Definisi Jurnal khusus

Ketika anda mempelajari akuntansi perusahaan jasa anda bergelut dengan jurnal umum, sedangkan ketika anda mempelajari akuntansi dagang maka anda akan bergelut dengan jurnal khusus. Jurnal khusus merupakan jurnal yang fungsinya untuk mencatat bukti transaksi tertentu yang memiliki jenis sama, yang muncul akibat terjadinya transaksi pada perusahaan tersebut. Jurnal khusus hanya digunakan untuk mencatat bukti transaksi keuangan tertentu yang sejenis saja sesuai dengan fungsinya

Maksud dari transaksi tertentu yang memiliki jenis sama, adalah bahwa satu jenis jurnal khusus hanya digunakan untuk mencatat semua transaksi yang sama jenisnya. Misalnya jurnal khusus penjualan, hanya mencatat bukti transaksi yang muncul akibat adanya transaksi penjualan kredit saja.Untuk mengenal jurnal khusus lebih detail, silahkan simak jenis jurnal khusus dibawah ini.

Pengertian dan jenis jurnal khusus perusahaan dagang

Macam- macam Jurnal Khusus Perusahaan dagang

Jurnal khusus pada dasarnya memiliki 4 macam jenis yaitu jurnal khusus pembelian, jurnal penerimaan kas, jurnal khusus penjualan, jurnal pengeluaran kas, Namun jika ada transaksi yang tidak dapat dicatat kedalam keempat jurnal khusus tersebut maka dapat dicatat ke dalam jurnal memorial, jurnal memorial bentuknya sama dengan jurnal umum sehingga dikenal juga dengan jurnal umum. Lebih lengkap tentang macam jurnal khusus silahkan simak berikut ini.

Jurnal Penjualan

Jurnal penjualan adalah salah satu jenis jurnal khusus yang digunakan sebagai tempat pencatatan seluruh bukti transaksi keuangan sebagai akibat terjadinya transaksi penjualan barang dagangan yang dilakukan dengan sistem kredit.

Jurnal Pengeluaran Kas



Jurnal pengeluaran kas adalah salah satu jurnal khusus yang digunakan sebagai tempat pencatatan seluruh bukti transaksi keuangan sebagai akibat terjadinya transaksi yang menyebabkan aliran kas keluar.

Jurnal Pembelian

Jurnal pembelian adalah salah satu jenis jurnal khusus yang digunakan sebagai tempat pencatatan semua bukti transasksi keuangan akibat terjadinya transaksi pembelian baik pembelian barang dagang, peralatan, perlengkapan dan lainnya yang dilakukan dengan kredit

Jurnal Penerimaan Kas

Jurnal penerimaan salah satu dari jenis jurnal khusus yang berfungsi sebagai tempat pencatatan semua bukti transaksi keuangan yang timbul akibat terjadinya transaksi penerimaan kas atau aliran kas masuk.

Jurnal Memorial

Jurnal memorial adalah jurnal yang memiliki fungsi untuk tempat pencatatan bukti transaksi keuangan yang muncul akibat dari transaksi yang tidak dapat dicatat ke dalam jurnal khusus, baik itu jurnal penjualan,  jurnal pengeluaran, jurnal pembelian maupun jurnal penerimaan kas. Contoh transaksi tersebut anatar lain transaksi retur penjualan barang atau transaksi retur pembelian barang.

Kesimpulan
Jurnal Khusus didefinisikan sebagai Jurnal akuntansi yang berfungsi untuk tempat pencatatan bukti transaksi keuangan yang muncul akibat dari sejumlah transaksi yang memiliki karakteristik sama. Jurnal khusus memiliki 4 jenis yaitu jurnal penerimaan kas, jurnal penjualan, jurnal pembelian, dan jurnal pengeluaran kas, namun seringkali dijumpai transaksi keuangan yang tidak dapat dicatat ke dalam jurnal khusus sehingga dicatat kedalam jurnal memorial. Setelah anda memahami artikel ini maka untuk memahami perbedaan antara jurnal khusus dan jurnal umum lebih detai silahkan pahami dalam artikel jurnal umum itu berbeda dengan jurnal khusus. Semoga anda yang saat ini sedang belajar akuntansi perusahaan dagang dapat memahami materi yang disampaiakan dalam artikel ini yaitu tentang jurnal khusus perusahaan dagang.

0 komentar:

Post a Comment